Perhatikan, 4 Hal Ini Bisa Jadi Sumber Masalah Di Bisnis Anda!
20 Maret, 2023 oleh
Perhatikan, 4 Hal Ini Bisa Jadi Sumber Masalah Di Bisnis Anda!
Marketing

Membangun bisnis adalah hal yang masih jadi keinginan banyak orang. Hingga saat ini masih sering didapati orang yang membangun bisnis tanpa persiapan dan pertimbangan matang, sehingga sering mengalami masalah ketika bisnis berjalan.

Hal tersebut sebenarnya dapat diminimalisir dengan cara mulai mengidentifikasi hal-hal apa saja yang memiliki kemungkinan untuk menimbulkan masalah. Berikut adalah empat hal yang bisa menjadi sumber masalah dan berisiko muncul saat membangun bisnis. Jangan biarkan,  segera diatasi.

1. Salah dalam menetapkan harga

Hal ini menjadi bagian sangat penting. Karena ketika Anda menentukan harga, Anda juga harus mengetahui apakah harga yang Anda tetapkan untuk produk menutupi biaya operasional?

Nyatanya banyak pelaku bisnis tidak mengetahui atau belum mengerti mekanisme penentuan harga ini secara pasti. Sebagai contoh, kebanyakan usaha kecil dan menengah menetapkan harga produk atau layanan, menyesuaikan dengan harga para pesaing, sehingga bisa jadi harga akan teruse berubah seiring dengan mengikuti harga kompetitor. Sebenarnya itu bukan jalan yang baik karena berisiko menimbulkan kerugian, yang bisa berujung membuat bisnis bangkrut.

Sebagai pelaku bisnis, penting untuk mengetahui semua biaya dan laba atas modal yang Anda inginkan saat Anda menetapkan harga. Terjadinya perbedaan harga yang membuat Anda lebih tinggi dari pesaing tidak akan menjadi masalah selama harga dan kualitas produk sesuai.

Baca Juga : Pake Odoo, Laporan Keuangan Bisa Dicek Realtime

2. Mitos kejar margin rendah agar penjualan banyak

Pada hal ini juga banyak sekali pelaku bisnis salah kaprah dalam menentukan margin usaha yang dikejar. Masih banyak pelaku bisnis yang mengadopsi bahwa kejar margin rendah untuk mendapatkan penjualan lebih banyak, sehingga keuntungan akan didapat dari kuantiti penjualan bukan kualitas penjualan.

Alih-alih hanya mengejar lebih banyak penjualan, kejarlah penjualan yang menguntungkan, singkirkan produk yang tidak laku karena akan mempercepat perputaran inventaris, menghasilkan uang tunai, serta memperluas ruang stok. Ketika Anda melakukan hal ini, Anda dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan.

3. Inefisiensi dalam pengelolaan bisnis

Salah satu hal yang juga menjadi pertanyaan mendasar adalah apakah Anda telah mengelola bisnis seefisien mungkin, seandainya anda bisa membandingkannya dengan bisnis orang lain di bisnis yang sama?

Anda harus bisa melihat secara cermat bagaimana sumber daya Anda mampu meningkatkan efisisensi operasional bisnis.

Salah satu cara mencegah inefisiensi adalah meningkatkan produktivitas dengan menerapkan sistem manajemen kerja. Seperti Odoo Enterprise, sistem manajemen kerja yang membantu pelaku bisnis mengelola bisnisnya dengan mengakomodir seluruh kebutuhan proses persusahan.

Odoo ERP membantu Anda dalam memaksimalkan semua proses bisnis sehingga meningkatkan kinerja bisnis anda dan mencapai tingkat efisiensi yang baik. Jadi, jika Anda berpikir membutuhkan alat tambahan, tak ada salahnya menjadikan hal itu prioritas untuk dibeli dan diimplementasikan.

Baca Juga : Pastikan Modul Ini Ada Pada ERP Bisnis Anda

4. Pendapatan bisnis tidak menutupi biaya operasional

Selama menjalankan bisnis, apakah pendapatan cukup untuk menutupi semua pengeluaran bisnis dan menghasilkan keuntungan yang inginkan? Jika tidak, cari tahu penyebabnya. Hal yang mungkin terjadi adalah Anda sedang dalam tahap merintis bisnis atau baru saja meluncurkan lini produk atau layanan baru. Jika demikian, sangat penting untuk bersikap realistis tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai pendapatan sesuai target.

Anda mungkin saja harus menanggung kerugian selama satu atau dua tahun. Untuk menghadapinya, Anda perlu menyisihkan uang modal atau mencari investasi untuk membantu bisnis Anda. Hal ini juga berlaku untuk bisnis yang sudah mapan, ada kemungkinan bisnis merugi karena pendapatan yang menurun. Jika itu terjadi, segera temukan penyebabnya, agar tak terlambat mencari jalan keluar.

Ketika Anda bisa mengidentifikasi hal-hal yang mungkin akan menjadi sumber masalah pada bisnis Anda, Anda bisa mulai menyiapkan solusi atas sumber masalah tersebut. Dengan demikian, bisnis Anda bisa berjalan lebih baik.

sumber : witech/mkt


di dalam Bisnis
Share post ini
Tag
Arsip