Traceability, Salah Satu Pilar Penting Dalam Manufaktur
5 May, 2023 by
Traceability, Salah Satu Pilar Penting Dalam Manufaktur
Marketing

Manufaktur diartikan sebagai proses mengubah bahan mentah menjadi barang untuk dapat digunakan atau dikonsumsi oleh manusia menggunakan teknologi ataupun tenaga manusia sendiri. Manufaktur merupakan salah satu proses penting dalam sejumlah industri. Pada prosesnya, industri ditantang untuk memperhatikan detail dan presisi sehingga mampu menghadirkan produk berkualitas kepada konsumen. Jika abai dilakukan, kesalahan produksi dapat terjadi.

Untuk mencegah cacat produksi, industri menekankan sistem ketelusuran (traceability) pada proses manufaktur.

Sejumlah industri pun sudah menjadikan traceability sebagai pilar penting dalam proses manufaktur untuk meningkatkan kualitas akhir produk dan keselamatan konsumen. Adapun industri yang berkaitan langsung dengan keselamatan konsumen dinilai paling membutuhkan sistem tersebut. Beberapa industri itu adalah farmasi, makanan, minuman, dan kecantikan. Sebagai informasi, jenis industri tersebut membutuhkan proses ketelusuran terintegrasi untuk mempermudah kontrol kualitas dan kehigienisan.

Sebelumnya penggunaan software (aplikasi), sistem ketelusuran (traceability) hanya mengandalkan keterlibatan manusia sehingga potensi terjadinya human error cenderung tinggi. Seiring perkembangan teknologi, sistem ketelusuran pun bertransformasi menjadi sistem yang terautomasi dan terintegrasi.

Fitur traceability dapat digunakan pada aplikasi Odoo Enterprise

Odoo hadir sebagai Aplikasi Manufaktur yang diantara proses kerjanya sistem ketelusuran (traceability) membantu menghitung jumlah bahan baku atau komponen yang perusahaan butuhkan dalam memproduksi sebuah barang, dan menjadwalkan, merencanakan serta memproses pesanan manufaktur tersebut.

Secara umum, aplikasi manufaktur dihadirkan untuk memberikan solusi yaitu:

1. Tidak ada lagi pencatatan waktu

Perencanaan akurat yang secara langsung berdasarkan pengukuran waktu manufaktur nyata

2. All-in-one

MRP, Kualitas, Maintenance dan PLM semuanya terintegrasi penuh.

3. Komunikasi Realtime

Tampilkan worksheet, peringatan tentang kualitas kepada karyawan saat jam operasional.

4. Otomatisasi area produksi

Dapatkan data secara real-time dari peralatan Anda menggunakan API.

sumber : witech/mkt

Share this post
Tags
Archive