Ini dia! Cara Kelola Bisnis Yang Anti Mandek
14 February, 2023 by
Ini dia! Cara Kelola Bisnis Yang Anti Mandek
Marketing

Sebagian dari pelaku bisnis atau entrepreneur mengalami stuck, baik itu flat growth (tidak ada peningkatan), mengalami kerugian, bahkan hampir terancam gulung tikar. Jika Anda mengalami salah satunya, berarti ada yang harus dibenahi dalam bisnis Anda. 

Ini dia 5 Tips Mengatasi Bisnis yang Mandek!

1. Dengarkan keinginan konsumen

Anda harus peka terhadap keinginan konsumen. Dengarkan apa yang diinginkan konsumen Anda pada saat ini. Mungkin produk Anda sudah tidak lagi dibutuhkan. Bisa jadi produk Anda hanya perlu dimodifikasi. Cermati kebutuhan konsumen setiap saat agar bisnis Anda tidak ketinggalan.

2. Tingkatkan kualitas produk

Mutu produk Anda harus disesuaikan dengan perubahan kebutuhan konsumen. Jika tidak, maka konsumen akan beralih pada kompetitor yang menawarkan produk yang lebih unggul.

Tentu saja jika kualitas produk ditingkatkan, maka harga jual juga perlu disesuaikan agar menguntungkan. Hal yang wajar dilakukan dan konsumen pasti akan menerimanya, asalkan kualitasnya sebanding dengan harganya.

Dengan kualitas yang semakin baik, nilai jual produk Anda akan bertambah. Sehingga produk Anda bisa cepat laku dan keuntungan yang bisa didapatkan pun akan lebih besar.

3. Ubah Strategi Promosi

Lakukan gebrakan yang lebih baik dari yang sebelumnya. Pastikan strateginya berbeda karena cara yang lama terbukti tidak ampuh dan membuat usaha Anda mandek.

Misalnya, mungkin tampilan website dibuat lebih modern dan perbanyak konten video promosi di media sosial. Kembangkan kreativitas dalam segala kegiatan bisnis Anda.

Baca Juga : Kelola Manajemen Pelanggan Pake Modul CRM Odoo

4. Tingkatkan Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia)

Bisnis yang mandek bisa disebabkan oleh karyawan yang tidak bekerja dengan baik, sehingga performa bisnis jadi menurun.

Maka dari itu, cobalah memperhatikan lingkungan kerja Anda dan tim Anda, bangun suasana yang nyaman dan tidak terlalu kaku atau penuh dengan tekanan. Buatlah perencanaan strategi bisnis yang masuk akal atau adakan acara bersama tim, sehingga tim Anda tidak terlalu terbebani.

5. Jaga Semangat kerja Anda

Selain itu, perhatikan juga kinerja Anda sendiri. Mungkin ada sikap yang harus diubah dari diri Anda, karena selama ini semangat kerja Anda kian menurun.

Ingat, Anda harus selalu mengelola bisnis dengan semangat yang prima, meskipun target belum tercapai. Dengan begitu, produktivitas tetap terjaga untuk berusaha melakukan yang terbaik. Percayalah, bisnis Anda akan bisa berkembang sesuai dengan target Anda, jika Anda selalu maksimal dalam bekerja.

Baca Juga : 7 Modul Penting Yang Harus Kamu Punya di ERP Bisnis Kamu

Demikianlah beberapa tips mengatasi bisnis mandek dan tidak berkembang. Intinya adalah anda harus terus konsisten dan berusaha yang terbaik untuk mengembangkan bisnis anda secara bertahap.

sumber : witech/mkt

in News
Share this post
Tags
Archive