Sekarang Creator Indonesia bisa Pajang Karya di Instagram
8 Agustus, 2022 by
Wilda Royhan

Instagram Luncurkan NFT di Indonesia

Instagram mengumumkan fitur NFT sudah tersedia di Indonesia.  Kehadiran fitur NFT Instagram ini diumumkan langsung oleh Country Director untuk Meta di Indonesia, Pieter Lydian. Sekarang kreator diizinkan mengunggah karya non-fungible token (NFT) dari blockchain ke Instagram melalui fitur ini. Blockchain yang mendukung fitur NFT Instagram adalah Ethereum, Polygon dan Flow. Dalam waktu dekat, Solana juga akan mendukung fitur ini. Fitur NFT ini bisa menghubungkan Instagram ke dompet digital, setelah itu kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di platform tersebut.

Baca Juga : Instagram Uji Coba Video Selfie untuk Verifikasi Usia

Nah, nantinya Koleksi NFT yang diunggah ke Instagram akan ditandai efek berkilau dan memiliki informasi publik berupa deskripsi. Unggahan NFT juga bisa langsung dilihat di profil pengguna. Untuk Dompet digital yang kompatibel digunakan pengguna Instagram saat ini adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask dan Trust Wallet, dengan Phantom akan segera hadir.

Tapi sebenarnya, apa sih tujuan adanya fitur ini?

Kata Direktur Meta di Indonesia, Pieter Lydian, "Dengan fitur NFT di Instagram, kami ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka," dalam siaran pers. Penggemar pun bisa ikut mendukung kreator favorit mereka dengan membeli dan menampilkan koleksi NFT (seni, gambar, video, atau musik) di platform tersebut.

Penandaan (tagging) dari Kreator dan kolektor dapat secara otomatis ditandai di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka). 

Sebagai contoh, dalam peluncuran fitur NFT Instagram di Indonesia ini, Instagram menggandeng Sultan Gustaf Al Ghozali. Ghozali adalah orang yang sempat viral karena menjual NFT Ghozali Everyday yang berisi selfie dirinya. Nah, dalam peluncuran fitur NFT ini, Ghozali membuat NFT khusus yang menampilkan selfie khas dirinya yang sedang memegang logo Instagram.

Dalam sebuah posting di Instagram pribadinya dengan handle @pieterlydian, NFT Ghozali itu dimiliki oleh Pieter dan dapat dibagikan langsung ke posting feed Instagram. Dalam postingan, akun Instagram Pieter (@pieterlydian) ditandai sebagai pemilik NFT, sementara akun Instagram Ghozali (@ghozaliphoto) ditandai sebagai kreator NFT. Posting koleksi NFT ini juga bisa dibagikan ke Instagram Stories maupun direct message.

sumber : witech/mkt

Share this post
Tag
Archive