Akhirnya, Google Gabungkan Meet & Duo Jadi Satu
23 Juni, 2022 oleh
Akhirnya, Google Gabungkan Meet & Duo Jadi Satu
Tulus

Kalian pasti kenal dengan Google Meet dan Duo? Sejak pandemik COVID-19 pada 2020 silam, kedua aplikasi jadi media komunikasi penting. Google Duo sendiri sebenarnya sudah ada sejak 2016, saudaranya Google Meet, baru eksis pada 2020 lebih terkenal sebagai kompetitor Zoom dan Microsoft Teams.

Walaupun memiliki berbagai fitur berbeda satu sama lain, Duo maupun Meet memiliki tujuan yang sama, yaitu media komunikasi untuk bisa video conferencing. Yang menjadi, mengapa harus dua aplikasi? Nah, informasi terbaru mengatakan bahwa Google memutuskan untuk meleburkan kedua aplikasi jadi aplikasi tunggal!

Pada Rabu (1/6/2022) lalu, Google mengumumkan bahwa dalam beberapa minggu ke depan, fitur-fitur Meet akan berangkat menuju Duo. Langkah ini disebut sebagai "solusi tunggal" oleh Google agar bisa tetap video call dengan lancar.

"Akhir tahun ini, kami akan mengganti nama aplikasi Duo menjadi Google Meet, layanan komunikasi video tunggal kami di seluruh Google yang tersedia untuk semua orang tanpa dipungut biaya," tulis Google.

Baca Juga : Instagram Bakal Diblokir 20 Juli 2022?

Walaupun menjadi "Meet", Google memastikan bahwa segala fitur Duo akan tetap ada, contohnya seperti bisa video call berbekal nomor telepon atau alamat email, filter yang interaktif, mengirim pesan, atau memerintahkan telepon lewat Google Assistant. Semua riwayat percakapan, kontak, dan pesan pun akan tetap disimpan dalam aplikasi, tanpa perlu mengunduh ulang.

Selain fitur-fitur Duo yang akan bertahan di masa depan, Google menjamin bahwa beberapa fitur Meet akan ditambah di aplikasi tersebut, di antaranya :
- Fitur untuk mengganti virtual background di video call dan meeting
- Fitur untuk menjadwalkan meeting
- Fitur chat dalam meeting
- Fitur content sharing secara live dengan para partisipan meeting
- Fitur closed caption secara live
- Peningkatan kapasitas partisipan dari 32 ke 100 partisipan.
- Kemampuan untuk mengintegrasikan Gmail, Google Calendar, Google Assistant, Messages, dan aplikasi Google lain

Baca Juga : Google Hangout Pensiun November 2022

"Sebagai bagian dari misi kami untuk membangun pengalaman yang terkoneksi untuk semua pengguna, kami dengan bangga membawa teknologi meeting dan video calling ke solusi tunggal yang andal dan mudah digunakan," Google menjelaskan.

sumber : idntimes/tech

di dalam Berita
Share this post
Tag
Arsip