Sleep VS Shutdown, Yang Mana Sebaiknya Dipilih?
28 Juni, 2022 oleh
Sleep VS Shutdown, Yang Mana Sebaiknya Dipilih?
Tulus

Secara umum ada dua pilihan yang ditawarkan ketika kita ingin mematikan atau menonaktifkan laptop, yaitu mode Sleep atau mode Shutdown. Dua mode itu punya fungsi yang hampir sama dalam mematikan laptop. Hal ini yang mungkin membuat banyak  pengguna laptop belum terlalu mengindahkan antara memilih mode Shutdown atau Sleep ketika mematikan laptop. 

Padahal, kedua mode itu punya cara kerja atau mekanisme yang berbeda dalam mematikan laptop. Nah, mari kita bahas perbedaan Sleep dan Shutdown agar kita paham cara mematikan laptop yang benar. Berikut penjelasannya. 

Ketikamode Sleep dipilih, fungsi laptop tidak sepenuhnya mati, masih terdapat beberapa perangkat yang bekerja. Beberapa lampu LED pada keyboard atau kamera, tampilan layar dan audio akan dimatikan. Namun, perangkat seperti RAM bakal tetap bekerja. 

Pada mode Sleep, aplikasi yang sedang terbuka di laptop tidak akan tertutup, aktivitas pengguna pada aplikasi yang sudah terbuka bakal dialihkan di RAM. sehingga pada mode ini laptop tetap membutuhkan konsumsi daya.

Perbedaan berikutnya juga ada pada proses boot-up. Proses menyalakan dan mengoperasikan kembali laptop akan lebih cepat dalam mode Sleep. Hal tersebut bisa terjadi karena RAM tetap dibiarkan bekerja ketika laptop mati pada mode Sleep.

Pada mode Shutdown, laptop benar-benar dalam kondisi nonaktif dan hampir tidak membutuhkan konsumsi daya sama sekali. Pilihan Shutdown di laptop juga berarti mematikan seluruh pengoperasian dari software dan hardware. Aplikasi dan sistem operasi akan sepenuhnya berhenti bekerja ketika Anda memilih mode Shutdown di laptop, begitu pula dengan kerja dari RAM, Hard Drive, audio, dan sebagainya.

Cara kerja seperti itu berefek pada proses menyalakan atau boot-up laptop. Laptop yang mati dalam mode Shutdown membutuhkan waktu beberapa menit untuk bisa beroperasi ketika kembali dinyalakan. Hal ini dikarenakan laptop perlu memuat atau mengaktifkan kembali fungsi software dan hardware dari awal.

Baca Juga : Instagram Ada Kemungkinan Diblokir 20 Juli 2022 Mendatang?

Lalu kapan sebaiknya kita memililih mode Sleep atau mode Shutdown ketika akan mematikan laptop?

Mematikan laptop dengan mode Sleep bisa dipilih saat Anda ingin beristirahat sejenak untuk tidak bekerja menggunakannya dalam waktu yang cukup singkat, misal saat ingin ke kamar mandi, makan, dan sebagainya. Sleep dapat dipilih dengan alasan agar Anda bisa langsung menjalankan atau mengoperasikan laptop ketika membutuhkannya kembali setelah beristirahat sejenak. 

mematikan laptop dengan mode Shutdown dapat dipilih saat Anda sedang tidak bekerja menggunakannya dalam waktu yang cukup lama. Anda bisa mematikan laptop dengan mode Shutdown sesekali dalam seminggu. Misalnya, pada saat akhir pekan atau hari libur kerja. Shutdown dapat dipilih dengan alasan untuk menjalankan fungsi memulai ulang (reboot) guna menyegarkan kembali sistem software dan hardware di laptop.

Pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan membuat usia pakai laptop akan lebih lama dan lebih awet.


Sumber : kompas/tekno

di dalam Berita
Share this post
Tag
Arsip