Bikin Invoice Sekalian Bikin DO Secara Otomatis? Pakai Odoo ERP, Bisa Dong!
5 September, 2022 oleh
Bikin Invoice Sekalian Bikin DO Secara Otomatis? Pakai Odoo ERP, Bisa Dong!
Tulus

Hal yang akan sering menjadi perhatian Business Owner ketika memiliki bisnis retail (penjualan barang) adalah urusan pembuatan invoice, pengecekan stok barang dan penyiapan DO (delivery order) barang untuk dikirimkan oleh bagian pengiriman atau persediaan.

Sering sekali terjadi dimana bagian Gudang mengalami kesulitan (miss-komunikasi) dalam menyiapkan barang yang akan dikirim karena harus mencocokkan secara manual baik stok barang dan juga asal invoice permintaannya barang tersebut.

Baca Juga : MPS Group Menggunakan Odoo ERP Mulai Tahun Anggaran 2023

Odoo ERP memiliki solusi atas hal tersebut. Modul-modulnya yang terintegrasi memudahkan proses penjualan (sales) dengan proses pengecekan stok dan penyiapan barang pada persediaan (inventory) karena pada aplikasi Odoo ERP, seorang petugas dimungkinkan untuk melakukan proses penjualan sekaligus melakukan proses penyiapan pengiriman secara otomatis.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan 4 langkah ringkas sebagai berikut :

  1. Petugas penjualan melakukan pembukaan invoice pelanggan.
  2. Ketika melakukan proses input barang, petugas penjualan bisa sekaligus melakukan pengecekan stok ketersediaan barang, baik stok yang berada dalam gudang (in hand) ataupun stok barang yang sedang berada di dalam perjalanan dari supplier (forecast).
  3. Ketika petugas penjualan melakukan konfirmasi invoice pelanggan, secara otomatis Odoo ERP membuatkan sebuah input DO (Delivery Order) pada bagian persediaan (inventory). DO tersebut bisa langsung dicek melalui modul penjualan (sales) maupun modul penjualan (inventory).
  4. Petugas pada bagian persediaan di gudang hanya perlu melakukan validasi DO dan menyiapkan barang untuk dikirim.

Baca Juga : Odoo ERP Diperkenalkan Ke Willian Perkasa Group

Modul-modul Odoo ERP yang saling terintegrasi ini memang menjadikannya sebagai ERP pilihan banyak Business Owner, karena membantu proses bisnis lebih ringkas, lebih cepat, lebih baik.

sumber : witech/mkt

di dalam Odoo
Share this post
Tag
Arsip