CRM, Banyak Banget Keuntungannya. Cari Tahu Di Sini!
16 Agustus, 2022 oleh
CRM, Banyak Banget Keuntungannya. Cari Tahu Di Sini!
Tulus

​Customer relationship management (CRM) merupakan sebuah metode yang mengkombinasikan strategi, praktik, dan teknologi untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pelanggan Anda. Implementasi CRM pada perusahaan mungkin membutuhkan biaya dan waktu untuk penyesuaian. Namun, dengan langkah membangun CRM yang baik, Anda dapat memperoleh keuntungan CRM yang jauh lebih banyak dan tentu saja menjadi investasi yang baik untuk perusahaan Anda.

Witech Enterprise telah merangkum beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika mulai menggunakan CRM untuk perusahaan Anda.

1. Meningkatkan customer service

Customer service menjadi salah satu faktor terbesar yang dapat menentukan apakah pelanggan akan tinggal atau pergi. CRM memungkinkan semua karyawan memiliki pengetahuan yang sama terhadap kebutuhan spesifik dan interaksi pelanggan, karena fiturnya dapat memberikan semua informasi yang perlu diketahui tentang pelanggan dalam satu tampilan, baik detail kontak, percakapan, deals, maupun meeting, dan sebagainya.

2. Mempermudah proses segmentasi

Banyaknya prospek (leads) di pasaran mungkin membuat Anda kesulitan untuk melakukan segmentasi pelanggan secara tepat. Dengan CRM Anda dapat mengelompokkan daftar kontak berdasarkan kriteria yang telah Anda buat sebelumnya secara otomatis, misalnya berdasarkan kontak berdasarkan lokasi, jenis kelamin, usia, tahap pembelian, dan lainnya. Hal ini membuat Anda lebih mudah untuk menemukan orang yang ingin Anda hubungi pada waktu tertentu dan membuat proses menjangkau pelanggan menjadi lebih efektif dan efisien.

Baca Juga : 2023, MPS mulai menggunakan Odoo ERP

3. Meningkatkan penjualan

Penggunaan CRM pada perusahaan dapat membantu meringkaskan proses penjualan, membangun jalur penjualan, mengotomatiskan tugas-tugas utama, dan menganalisis semua data penjualan di satu tempat terpusat sehingga berpotensi meningkatkan penjualan dan produktivitas. Ketika menggunakan CRM, Anda dapat membangun proses penjualan yang bisa disesuaikan dengan mudah kapan saja dan di mana saja sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

4. Mempertahankan pelanggan

Selain mencari pelanggan baru, salah satu hal penting yang harus Anda lakukan adalah mempertahankan pelanggan (customer retention) yang sudah ada. Riset dari Frederick Reichheld dari Bain & Company menunjukkan bahwa peningkatan customer retention dapat meningkatkan keuntungan hingga 25% – 95%. Bahkan, menurut Harvard Business Review, mencari pelanggan baru akan membutuhkan biaya sebanyak 5 hingga 25 kai lipat lebih besar daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Dengan menggunakan CRM, Anda dapat menjaga hubungan dengan pelanggan dan mempertahankan mereka agar tetap menjadi pelanggan yang setiap pada bisnis Anda.

5. Sistem database terpusat

Pada umumnya CRM menyediakan basis data terpusat dengan semua informasi tentang pelanggan Anda dalam satu tempat, yang membuatnya mudah diakses oleh siapa saja di perusahaan Anda yang membutuhkannya. Hal ini tentu akan memudahkan perwakilan penjualan untuk melihat produk apa yang diminati oleh pelanggan tertentu, menghemat waktu karyawan Anda untuk menggali file dan catatan lama, dan membuat pengalaman yang lebih baik dan lebih produktif bagi pelanggan.

6. Memberikan analisis dan laporan terperinci

Banyaknya data pelanggan yang perlu dikelola bisa menjadi hal yang merepotkan, karena Anda akan membutuhkan waktu yang lama untuk menganalisis seluruh data tersebut. CRM yang dilengkapi dengan kemampuan analitik bawaan untuk mengontekstualisasikan data, memecahnya menjadi item yang dapat ditindaklanjuti, dan menjadikannya metrik yang mudah dipahami. Sistem aplikasi CRM juga dapat membantu Anda mengurangi pekerjaan yang repetitif dan membosankan sehingga Anda dapat bekerja lebih efektif.

Baca Juga : Odoo Enterprise, ERP Canggih yang Diperkenalkan ke WP Group

7. Meningkatkan produktivitas dan kinerja bisnis

Software CRM saat ini memiliki tampilan yang mempermudah penggunanya untuk melihat alur calon pelanggan melalui sales pipeline atau menemukan informasi secara cepat di dashboard, hal ini  jauh lebih efektif dibandingkan harus menelusuri data secara manual.

CRM juga membantu menciptakan workflow untuk mengotomatisasi proses bisnis Anda. Contohnya:

  • Mengirimkan reminder meeting

  • Sinkronisasi antar data

  • Memindahkan data pelanggan dari satu tahapan pipeline ke tahap berikutnya

  • Menambahkan kontak dari tempat lain (contoh: Microsoft Excel)

8. Mempercepat dan meningkatkan komunikasi dengan pelanggan

Penggunaan CRM dapat membuat membuat pelanggan Anda tidak perlu menunggu lama untuk dapat membalas permintaan mereka. Sehingga dapat menghemat waktu Anda dan pelanggan.

Aplikasi CRM umumnya akan dilengkapi dengan set template email, surat, dokumen, proposal, kutipan, undangan, buletin, dll yang dapat disesuaikan dan siap digunakan untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan Anda.

9. Sales forecast yang lebih akurat

Manfaat CRM selanjutnya adalah memungkinkan sales forecast yang lebih akurat. Fitur laporan penjualan otomatis pada aplikasi CRM dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi tren utama dan mendapatkan gambaran tentang apa yang diharapkan dari siklus penjualan Anda di masa mendatang. Anda juga dapat menyesuaikannya dengan sasaran dan metrik agar sesuai dengan proyeksi penjualan Anda.

10. Komunikasi internal lebih mudah dilakukan

Selain memfasilitasi komunikasi antara bisnis Anda dan pelanggan, CRM juga dapat memudahkan anggota dan tim masing-masing departemen untuk berkomunikasi satu sama lain secara mudah. Anggota tim dapat mengirim catatan atau peringatan, menandai satu sama lain pada proyek, dan mengirim pesan dan email, semuanya dalam satu platform yang mudah.


Sumber : witech/mkt

di dalam Odoo
Share this post
Tag
Arsip