Usaha ritel, atau disebut dengan pengecer merupakan aktivitas penjualan barang dan jasa langsung kepada konsumen akhir dalam jumlah satuan (eceran).
Sebagai bisnis retail yang menjanjikan yaitu retail sembako, fashion, buah dan sayur, hingga alat kesehatan. Saat ini, bisnis ritel menjadi salah satu usaha yang memiliki resiko minim sehingga tak heran jika banyak pelaku usaha ingin mencobanya, tentu dengan harapan memiliki angka penjualan yang bagus dan menguntungkan. Untuk meningkatkan penjualan, tentunya harus ada usaha yang dilakukan dan diterapkan juga pada bisni sritel yang Anda kelola.
Berikut Ini tips buat Anda yang ingin meningkatkan penjualan di bisnis ritel, yaitu
1. Meningkatkan Jumlah Barang atau Jasa yang Dibeli
Anda dapat menggunakan teknik upselling untuk membuat pelanggan membeli barang atau jasa tambahan di luar apa yang mereka awalnya beli. Pastikan pelanggan membeli produk terbaik yang kamu tawarkan. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan keuntungan untuk bisnis ritel yang Anda jalankan.
Teknik upselling dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, dengan menawarkan barang atau jasa serupa namun dengan harga yang lebih tinggi namun dengan kualitas yang tentunya lebih baik.
Kedua, merekomendasikan barang atau jasa lain yang tidak serupa namun mendukung atau melengkapi barang atau jasa yang semula dipilih. Teknik ini sering disebut dengan teknik cross selling.
2. Memberikan Promo
Banyak teknik promo yang bisa dilakukan mulai dari beli satu gratis satu, potongan harga, hingga cashback. Pilihlah bentuk promo yang sesuai untuk produk atau jasa Anda. Promo bisa mengundang pelanggan utuk membeli sebelum waktu promo berakhir.
3. Mengutamakan Kualitas
Dengan mengutamakan kualitas secara baik dan
konsisten, pelanggan akan merasa puas dan percaya dengan produk atau jasa yang
mereka beli.
Tak hanya itu, dengan memertahankan kualitas produk atau jasa yang dijual, secara perlahan bisa meningkatkan brand loyalty pada pelanggan, sehingga, jika kedepannya ada perubahan harga, pelanggan akan tetap memilih produk atau jasa yang kamu Anda tawarkan karena percaya dengan kualitasnya.
Baca Juga : Pentingnya Customer Retention
4. Ada untuk Pelanggan
Ada untuk pelanggan tetapi bukan berarti Anda harus mengikuti pelanggan berkeliling di dalam toko. Hal ini justru memberikan pengalaman yang kurang nyaman untuk mereka. Ada baiknya, berikan keleluasaan pada pelanggan untuk melihat-lihat dan memilih produk atau jasa yang dijual.
Akan tetapi, kamu harus selalu siap melayani saat pelanggan memerlukan penjelasan lebih lanjut tentang produk, oleh karena itu memliki staff atau karyawan yang memahami product knowledge juga menjadi hal yang sangat penting.
5 Memanfaatkan Teknologi
Di tengah majunya teknologi, para pelaku usaha bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan penjualan. Salah satunya dengan melakukan pemasaran digital. Selain itu, untuk memudahkan proses berjalannya bisnis ritel, kamu juga bisa menggunakan teknologi seperti software akuntansi yang menyediakan beberapa layanan
Dengan mengikuti perkembangan teknologi saat ini Witech Enterprise hadir dengan Sistem ERP Odoo yang merupakan software yang direkomendasikan untuk bisnis ritel. Odoo adalah sistem manajemen kerja yang membantu menunjang proses bisnis sehingga lebih terintegrasi dan terstruktur.
Baca Juga : ERP adalah Investasi Penting Perusahaan
Apa saja sih aplikasi yang disediakan Odoo untuk Bisnis Ritel?
1. Penjualan (Sales)
Siapkan order penjualan, pantau margin/keuntungan Anda. Modul ini dapat membantu Anda menyiapkan seluruh kebutuhan penjualan Bisnis Retail Anda. TIdak hanya itu, popularitas produk & perilaku pembelian pelanggan Anda juga bisa diakomodir pada Aplikasi ini.
2. Inventaris (Inventory)
Ada banyak produk dan jasa pada Bisnis Anda, dengan aplikasi ini memungkinkan Anda untuk menyimpan seluruh informasi tentang produk tersebut serta atributnya, melihat jumlah stok secara real-time, dan memberikan laporan inventaris yang akurat.
3. Pemasaran (Marketing)
Butuh sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda terutama mengenai penawaran, promosi, diskon & membangun hubungan yang kuat dengan mereka.
4. Aplikasi Kasir (PoS / Point of Sales)
Tampilan PoS yang intuitif, yang memungkinkan kasir Anda menemukan produk dengan mudah, menerapkan diskon atau kartu member. Dengan PoS, penjualan langsung kepada pengunjung toko dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.
5. Pembelian (Purchase)
Pertahankan komunikasi dengan supplier Anda dengan mengotomatiskan pemesanan barang/jasa, contohnya pemesanan ulang produk sehingga Anda dapat menjamin stok selalu tersedia.
6. Akuntansi & Keuangan (Accounting)
Otomatiskan pembuatan entri jurnal entri ketika Anda melakukan operasi bisnis seperti membeli, menjual atau memindahkan produk di inventaris Anda. Anda juga dapat dengan mudah mengekspor laporan untuk hal yang terkait dengan perpajakan.
Meningkatkan bisnis ritel tidak selalu harus melibatkan perubahan besar, namun butuh ketekunan dan kreativitas dalam mencari cara yang tepat untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda. Dengan menerapkan strategi-strategi di atas, Anda dapat meningkatkan daya saing bisnis ritel Anda dan mencapai kesuksesan yang lebih besar di pasar yang semakin kompetitif.
sumber : witech/mkt