Teknologi eSIM, Apasih bedanya dengan kartu SIM biasa?
5 January, 2023 by
Teknologi eSIM, Apasih bedanya dengan kartu SIM biasa?
Marketing

Kemunculan embedded Subsriber Indentification Module (eSIM)

Embedded Subsriber Indentification Module atau eSIM muncul sebagai salah satu pengaruh perkembangan teknologi dari SIM card (kartu SIM). Meskipun keduanya sama-sama bekerja sebagai kartu SIM, terdapat beberapa faktor yang membedakan keduanya.

eSIM (embedded SIM Card) adalah sebuah modul yang tertanam pada bagian motherboard smartphone secara permanen. Sehingga, eSIM tidak memiliki bentuk fisik dan tidak bisa dilepas-pasang. Modul eSIM memiliki ukuran yang mungil, bahkan lebih kecil dari ukuran kartu SIM Nano yang saat ini telah banyak digunakan. Dibandingkan dengan kartu SIM (Subscriber Identity Module), eSIM lebih mudah digunakan karena pengguna tidak perlu lagi bongkar-pasang kartu SIM. pengguna hanya perlu memindai barcode untuk dapat mengaktifkan eSIM pada smartphone yang diinginkan.

Baca Juga : Mengenal Data Center

iPhone, smartphone pertama  di Indonesia yang menggunakan eSIM

Teknologi eSIM sendiri mulai banyak dikenal di Indonesia sejak iPhone X diluncurkan. Awalnya, iPhone menjadi satu-satunya smartphone yang didukung eSIM milik Smartfren. Namun sekarang ini dari Apple, eSIM sudah bisa digunakan pada model iPhone 11 Series, iPhone 12 Series, iPhone SE 2020, iPhone XR, iPhone XS dan XS Max, serta iPhone 13 Series. Khusus di Amerika Serikat, Apple menjual iPhone 14 hanya versi eSIM (embedded SIM), tidak ada slot kartu SIM fisik di iPhone 14 yang dijual di negara asal iPhone tersebut

Sementara itu, untuk Android dari Samsung yang mendukung eSIM adalah Galaxy Note 20 Series, Galaxy S20 Series, Galaxy S21 Series, Galaxy Z Flip dan Fold, Galaxy Z Fold 2, Galaxy Z Flip 3 dan Fold 3, serta Galaxy S22 Series.

eSIM sudah dapat digunakan pada smartphone Google Pixel model Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, Google Pixel 3a, Google Pixel 3a XL, Google Pixel 4, Google Pixel 4 XL, Google Pixel 4a, dan Google Pixel 4a 5G, serta Google Pixel 5.

Terakhir untuk perangkat Huawei yang mendukung eSIM adalah Huawei P40, Huawei P40 Pro, Huawei Mate 40 Pro, dan Motorola Razr 2019.

Baca Juga : Cari tahu Standar Wifi yang sering kita gunakan

Provider Telekomunikasi yang sudah meluncurkan eSIM

Selain smartfren, provider lain yang baru meluncurkan eSIM yakni terbaru Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) sedangkan XL Axiata implementasi eSIM masih dalam internal sejumlah karyawan XL Axiata, XL Axiata masih melakukan pengkajian atas penerapan teknologi eSIM dan memastikan kesiapan ekosistem industri untuk mengadopsi teknologi terbaru ini,"tutur Group Head Corporate Communications XL Axiata, Retno Wulan. Sama halnya dengan Telkomsel, Vice President President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono juga mengungkapkan hal yang demikian.

sumber : witech/mkt















in News
Share this post
Tags
Archive