Pentingnya Visibilitas dalam Proses Bisnis Perusahaan dan peranan ERP pada Visibilitas tersebut.
26 September, 2023 by
Pentingnya Visibilitas dalam Proses Bisnis Perusahaan dan peranan ERP pada Visibilitas tersebut.
Marketing

Dalam era bisnis yang semakin kompleks dan berubah dengan cepat, visibilitas dalam proses perusahaan adalah kunci keberhasilan. Kemampuan untuk dengan jelas dan akurat melihat berbagai aspek operasi bisnis dari awal hingga akhir dapat membawa dampak yang signifikan pada efisiensi, produktivitas, dan kepuasan pelanggan.

Visibilitas ini memberikan wawasan yang diperlukan untuk mengambil keputusan strategis yang cerdas dan mengidentifikasi peluang bisnis yang dapat dimanfaatkan. Salah satu alat yang paling efektif dalam meningkatkan visibilitas ini adalah Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP).

Pada blog berikut, kita akan cari tahu lebih mendalam mengapa visibilitas dalam proses perusahaan sangat penting dari berbagai sudut pandang, serta bagaimana ERP dapat berperan sebagai solusi utama untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Pentingnya Visibilitas dalam Proses Perusahaan:

  1. Pemantauan Kinerja Operasional: Visibilitas dalam proses operasional perusahaan sangat penting. Ini memungkinkan manajemen untuk secara real-time memantau kinerja berbagai aspek seperti produksi, pengelolaan stok, pengiriman produk, dan pemrosesan pesanan. Misalnya, jika sebuah perusahaan manufaktur memiliki visibilitas yang baik atas jalannya produksi, mereka dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah seperti mesin yang rusak atau gangguan dalam rantai produksi. Hal ini menghindari penurunan produksi yang tidak terduga dan membantu perusahaan menjaga efisiensi operasional.

  2. Analisis Data yang Mendalam: Data adalah aset berharga dalam bisnis modern. Visibilitas memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisis data dengan lebih baik. Dengan memiliki visibilitas yang baik atas operasinya, perusahaan dapat mengidentifikasi tren dan pola dalam data mereka. Misalnya, toko e-commerce yang memiliki visibilitas yang baik atas perilaku pelanggan mereka dapat menggunakan data tersebut untuk membuat rekomendasi produk yang lebih relevan, meningkatkan konversi, dan meningkatkan penjualan.

  3. Kepuasan Pelanggan yang Lebih Baik: Visibilitas dalam proses bisnis juga berdampak langsung pada kepuasan pelanggan. Misalnya, ketika perusahaan memiliki visibilitas yang baik atas proses pengiriman dan pemrosesan pesanan, mereka dapat memberikan estimasi waktu pengiriman yang lebih akurat kepada pelanggan. Ini menghindari ketidakpuasan pelanggan akibat keterlambatan pengiriman atau kesalahan pesanan.

  4. Efisiensi Operasional: Visibilitas membantu perusahaan mengidentifikasi proses yang lambat atau inefisien. Misalnya, dengan visibilitas yang baik atas rantai pasokan mereka, perusahaan dapat mengidentifikasi vendor yang sering terlambat dalam pengiriman, sehingga mereka dapat mencari solusi alternatif atau menilai ulang kontrak dengan vendor tersebut. Ini membantu perusahaan menghemat waktu dan biaya operasional.

  5. Manajemen Rantai Pasokan yang Lebih Baik: Manajemen rantai pasokan yang efektif memerlukan visibilitas yang tinggi. Perusahaan perlu tahu persis di mana produk mereka berada dalam rantai pasokan, mulai dari bahan baku hingga pengiriman ke pelanggan. Dengan visibilitas yang baik, perusahaan dapat mengantisipasi potensi gangguan, merencanakan persediaan dengan lebih baik, dan mengoptimalkan rantai pasokan mereka.

Peran ERP dalam Meningkatkan Visibilitas:

  1. Integrasi Data: ERP mengintegrasikan data dari berbagai departemen dan fungsi perusahaan ke dalam satu sistem. Ini berarti data tersedia secara real-time dan dapat diakses oleh berbagai tim dan tingkatan manajemen. Misalnya, data stok dan data penjualan dapat diintegrasikan sehingga manajemen dapat melihat seberapa banyak stok yang tersedia dan seberapa cepat produk terjual.

  2. Pelacakan Proses End-to-End: ERP memungkinkan perusahaan untuk melacak proses bisnis dari awal hingga akhir. Ini berarti bahwa perusahaan dapat melihat bagaimana setiap elemen terkait satu sama lain. Misalnya, jika seorang pelanggan memesan produk, ERP dapat melacak pesanan tersebut dari saat pemesanan hingga pengiriman.

  3. Pelaporan dan Analisis: ERP menyediakan alat pelaporan dan analisis yang kuat. Perusahaan dapat dengan mudah membuat laporan yang sesuai dengan kebutuhan mereka dan menganalisis data untuk mengidentifikasi pola dan tren. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan ERP untuk membuat laporan penjualan bulanan dan menganalisis peningkatan atau penurunan penjualan dari bulan ke bulan.

  4. Kepatuhan dan Keamanan Data: ERP membantu dalam menjaga kepatuhan dan keamanan data. Ini penting terutama dalam industri yang menghadapi regulasi ketat. Misalnya, ERP dapat membantu perusahaan mematuhi regulasi keuangan dengan memastikan bahwa data keuangan mereka dijaga dengan aman dan akurat.

  5. Mendukung Keputusan Strategis: Dengan data yang akurat dan visibilitas yang ditingkatkan, perusahaan dapat membuat keputusan strategis yang lebih baik. Misalnya, dengan melihat data penjualan dan permintaan, perusahaan dapat mengidentifikasi produk yang paling populer dan mengalokasikan sumber daya untuk meningkatkan produksi produk tersebut.

Kesimpulannya, visibilitas dalam proses perusahaan adalah kunci untuk meningkatkan efisiensi, mengidentifikasi peluang bisnis, dan memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. ERP adalah solusi yang efektif untuk mencapai visibilitas ini, karena mereka memungkinkan perusahaan untuk mengintegrasikan, melacak, menganalisis, dan mengelola data dan proses bisnis dengan lebih baik. Dengan mengadopsi ERP, perusahaan dapat meraih manfaat besar dalam meningkatkan visibilitas dan kesuksesan bisnis mereka.

sumber : witech/mkt

in Odoo
Share this post
Tags
Archive