Sederet Fitur Sales Management Odoo yang Maksimalkan Penjualan!

November 11, 2024 by
Sederet Fitur Sales Management Odoo yang Maksimalkan Penjualan!
Marketing

Tim Sales paham betul bagaimana terjebak alur follow-up yang kacau, waktu yang lama untuk validasi harga atau bahkan data pelanggan yang tersebar di banyak sistem seringkali berujung pada kehilangan prospek potensial. 

Memahami kebutuhan ini, Odoo 17 hadir dengan modul Sales Management sebagai solusi dengan menyederhanakan semua proses dalam satu platform, memudahkan tim sales untuk bekerja lebih efisien. 

Terdengar menarik bukan, namun seberapa maksimal Odoo bisa memberikan solusi untuk kebutuhan Sales Management? Temukan jawabannya lewat blog ini ya! 

Fitur-fitur modul sales management

1. CRM (Customer Relationship Management)

Fitur CRM (Customer Relationship Management) di Odoo, bisnis dapat melacak setiap peluang dari awal hingga penutupan, mengurangi risiko kehilangan prospek berharga. 

  • Pengelolaan Pipeline penjualan yang bisa disesuaikan dengan fitur drag and drop
  • Otomatis jadwalkan panggilan, meeting, email, atau penawaran, lengkap dengan fitur pengingat
  • Akses semua kontak dengan tim dan pelanggan dalam satu tempat
  • Fitur forecast pendapatan, analisis performa tim, dan dashboard kustom untuk buat keputusan cerdas untuk rencana ke depan.

Baca juga : CRM, Banyak Banget Keuntungannya. Cari Tahu Di Sini! 

2. POS (Point of Sale)

Fitur Point of Sale (POS) di Odoo dirancang untuk memudahkan bisnis dalam mengelola transaksi penjualan langsung, baik di toko fisik maupun online untuk meningkatkan akurasi dan memberikan pengalaman berbelanja yang lancar bagi pelanggan.

  • Dengan kiosk atau smartphone memudahkan pelanggan untuk memesan online dan pickup langsung di toko
  • Pembayaran fleksibel dengan Multi-Metode pembayaran, menerima tunai, kartu atau digital, serta pembagian pembayaran dalam satu transaksi
  • Tambahkan produk baru, sesuaikan kategori, dan kelola variasi produk langsung di POS tanpa perlu ke pengaturan backend.
  • Pantau laporan transaksi, produk terlaris, dan performa tiap kasir.

3. Sales 

Modul Sales Odoo menawarkan alur kerja yang terintegrasi untuk pengelolaan pesanan dan penawaran, mendukung tim penjualan dalam mengelola transaksi dari awal hingga selesai

  • Buat dan kelola sale order, customer service, dan toko eCommerce dalam satu platform
  • Kirim email dan jadwalkan meeting dengan pelanggan langsung dari Odoo
  • Gunakan template quotation untuk mengotomatiskan pesanan yang umum
  • Percepat persetujuan dengan tanda tangan digital dan pembayaran online.

4. Langganan

Model bisnis berbasis langganan makin populer, baik untuk layanan streaming, SaaS, atau bahkan produk konsumen. Modul Langganan di Odoo dirancang untuk otomatisasi langganan dan memudahkan pengelolaan kontrak.

  • Kelola Paket Langganan : Buat, atur, dan kelola berbagai paket langganan dengan harga dan durasi yang berbeda.
  • Otomatiskan penagihan langganan, kirim pengingat sebelum jatuh tempo, dan perbarui langganan sesuai periode yang ditentukan.
  • Manajemen Siklus Langganan : Pantau masa berlaku, perpanjangan, atau pembatalan langganan.
  • Analisis retensi pelanggan dengan laporan pendapatan, churn rate, dan jumlah pelanggan aktif secara real-time.

Baca juga : Sepenting Apasih Customer Retention ? Cari Tahu Yuk!

5. Rental

Jika bisnis Anda berfokus pada penyewaan barang, modul Rental di Odoo adalah pilihan tepat. Fitur ini membantu bisnis mengelola reservasi, pengembalian, dan ketersediaan barang dengan mudah.

  • Buat, kelola, dan lacak pesanan sewa secara lengkap, termasuk jadwal pengambilan dan pengembalian barang
  • Lihat ketersediaan barang secara real-time dan atur jadwal sewa agar tidak terjadi bentrok pemesanan
  • Penagihan biaya sewa otomatis berdasarkan durasi sewa yang disepakati, termasuk penagihan tambahan jika terjadi keterlambatan pengembalian
  • Lacak kondisi barang yang disewakan, seperti status pengembalian dan pemeriksaan barang untuk memastikan kelayakan barang sebelum dan setelah disewa.

Kesimpulan 

Modul Sales Management di Odoo 17 memudahkan bisnis mengelola penjualan dengan fitur-fitur terintegrasi seperti CRM, Sales, POS, Langganan, dan Rental. Setiap fiturnya dirancang untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis modern, memberikan solusi lengkap untuk pengelolaan penjualan yang efektif. 

Sudah siap mengoptimalkan proses penjualan bisnis Anda? Kunjungi halaman demo kami dan temukan modul Sales Management yang dirancang untuk memaksimalkan penjualan anda.

sumber : witech/cc


in Odoo
Share post
Tags
Archive