Cari tahu apa itu "Pig Butchering Scam" yang lagi marak baru-baru ini!
20 Oktober, 2022 oleh
Wilda Royhan

Apa itu “Pig Butchering Scams”?

Pig butchering scams berasal dari Asia Tenggara dan menyebar secara global. Penipuan ini mengumpamakan dirinya pelaku sebagai peternak, dan korban sebagai babi peliharaan yang akan disembelih setelah gemuk. Pig Butchering Scams sebagian besar dilakukan oleh jaringan scammer cryptocurrency yang menambang aplikasi kencan dan situs media social untuk mencari korban.  

Dengan cara melibatkan penipu yang membuat profil palsu yang digunakan untuk menjangkau calon korban sering melalui media sosial, WhatsApp, Tinder atau situs kencan lainnya, dan bahkan teks acak, menyamar sebagai nomor yang salah atau kenalan lama. Tujuannya adalah untuk memulai diskusi ramah dengan korban, berusaha menjadi "teman baru" atau "kekasih" mereka. 

Pelaku  sebagai teman baru perlahan-lahan mengembangkan hubungan sehingga mereka dapat memasukkan diri mereka ke dalam kehidupan sehari-hari korban sambil membangun kepercayaan dengan korban, mereka perlahan memperkenalkan ide membuat investasi bisnis menggunakan cryptocurrency. Teman baru menggunakan bujukan daripada meminta uang secara langsung karena mereka sadar bahwa individu-individu itu cerdas dan tahu bahwa dimintai uang oleh orang asing adalah tanda penipuan. Korban secara bertahap ditarik ke dalam apa yang tampaknya menjadi pembicaraan ramah tentang investasi dan pendapatan cryptocurrency, tetapi mereka benar-benar dimanipulasi untuk melakukan investasi.

Penipuan Cryptocurrency telah mengumpulkan miliaran dolar dari investor yang tidak menaruh curiga dan kebanyakan mereka yang kehilangan dana tidak berupaya untuk memulihkan uangnya. Diperkirakan kerugian di seluruh dunia mencapai puluhan miliar dolar pada tahun 2021 saja, membuat Pig butchering scams menjadi "penipuan super".

 Karakteristik Pig Butchering Scam :

  • Anda dihubungi oleh rekan yang telah lama hilang kontak atau orang asing di media sosial.
  • URL platform investasi tidak cocok dengan situs web resmi pasar/pertukaran cryptocurrency populer, tetapi sangat mirip. Biasanya URL atau nama platform investasi ada salah ketik.
  • Aplikasi investasi yang telah Anda unduh menghasilkan peringatan "untrusted" (tidak tepercaya) saat dibuka di Windows, atau anti-virus Anda menandai aplikasi itu sebagai berpotensi berbahaya.
  • Peluang investasi terdengar terlalu indah untuk dipercaya.

Tips Hindari Pig Butchering Scam

  • Selalu verifikasi validitas setiap peluang investasi
  • Mewaspadai nama domain yang meniru lembaga keuangan yang sah, terutama bursa mata uang kripto
  • Mewaspadai URL yang salah eja, seringkali dengan sedikit penyimpangan dari situs web lembaga keuangan yang sebenarnya
  • Jangan mengunduh atau menggunakan aplikasi yang tampak mencurigakan sebagai alat untuk berinvestasi kecuali Anda dapat memverifikasi keabsahannya.

sumber : witech/mkt

 


di dalam Berita
Share this post
Tag
Arsip