Google Hangout Bakal Pensiun November 2022.
28 Juni, 2022 oleh
Google Hangout Bakal Pensiun November 2022.
Tulus

Setelah melakukan penggabungan aplikasi Google Meet dan Duo, melalui informasi di blog resminya, Google sudah memastikan mempensiunkan aplikasi percakapan Hangouts pada November 2022 mendatang. Ravi Kaneeganti, Product Manager Google Chat, mengatakan para pengguna aplikasi Hangout nantinya dapat beralih ke aplikasi Google Chat.

Baca Juga : Google Menggabung Aplikasi Meet dan Duo

Hal ini dikarenakan Google Chat memiliki lebih banyak fitur untuk berkolaborasi, seperti mengedit dokumen di Docs, Sheet, serta Spreadsheet. Google Chat juga menyertakan Spaces, tempat khusus untuk kolaborasi berbasis topik. Tim dapat berbagi ide, mengerjakan dokumen, dan mengelola file dan tugas, semuanya dari satu lokasi.

Saat ini sebagai langkah untuk mempensiunkan Hangouts, Google mulai mengajak pengguna untuk beralih ke aplikasi Chat atau ke Gmail. Ajakan untuk beralih ke Gmail tersebut akan muncul ketika pengguna membuka aplikasi Hangouts, yang saat ini masih tersedia dan bisa diunduh melalui toko aplikasi Play Store.

Selain Hangouts versi aplikasi, Google juga bakal mengajak pengguna Hangouts versi web untuk beralih ke Chat versi web mulai pekan ini. Pada Juli mendatang, pengguna Hangouts di Gmail versi web juga akan merasakan perubahan, di mana tampilan Hangouts perlahan akan berubah menjadi Chat.

Baca Juga : Google, dkk Kemungkinan Diblokir Juli 2022

Meski pengguna telah beralih dari Hangouts ke aplikasi Google Chat atau Gmail, Google memastikan dengan mengklaim bahwa daftar atau riwayat percakapan di Hangouts akan tetap bisa diakses pengguna di dua aplikasi penggantinya tadi.  Layanan Hangouts versi web sendiri masih bisa digunakan hingga November 2022.

Walaupun riwayat percakapan akan tetap bisa diakses, Google menyarankan pengguna untuk mencadangkan (backup) semua data yang ada di Hangouts melalui layanan Google Takeout. 

Google sendiri sudah ingin pensiunkan Hangouts sejak 2017 Google. Pada saat itu, Google mengumumkan rencana untuk menutup layanan chatting Hangouts, dan beralih ke layanan Google Chat dan Google Meet.

Tahapan pertama penutupan layanan Hangouts dimulai perlahan, dengan mengalihkan pengguna Hangouts di layanan Google G Suite (layanan cloud, produktivitas, dan kolaborasi dari Google). Setelah berselang hampir lima tahun, Google baru benar-benar mulai menghapus Hangouts secara perlahan dari toko aplikasi.

Jika melihat ke belakang, layanan Google Hangouts sendiri telah menemani pengguna sejak 11 tahun lalu, tepatnya pada 2011. Pada saat itu, Hangouts diperkenalkan sebagai fitur yang tersemat pada Google Plus. Hangouts menjadi aplikasi mandiri (standalone) dimulai sejak 2013. Ketika itu, Hangouts dapat diandalkan pengguna Google untuk mengirim pesan instan dan melakukan panggilan video (video call).

Sumber : kompas/tekno

di dalam Berita
Share this post
Tag
Arsip