Optimus, Si Robot Humanoid dari Tesla yang Tampil pada Tesla AI Day 2022
4 October, 2022 by
Optimus, Si Robot Humanoid dari Tesla yang Tampil pada Tesla AI Day 2022
PT. Witech Inovasi Indonesia, Tulus

Tesla akkhirnya memamerkan prototype robot mirip manusia (humanoid)-nya pada gelaran Tesla AI Day 2022 lalu. Konsep robot humanoid tersebut sebelumnya telah di sampaikan oleh Elon Musk pada gelaran Tesla AI Day sebelumnya di tahun 2021. Konsep robot humanoid Tesla adalah robot yang bisa melakukan beragam hal. Konsep robot tersebut didemonstrasikan dengan seorang manusia yang menggunakan kostum menari-nari di atas panggung. 

Pada Tesla AI Day 2022 yang digelar akhir September 2022, Elon Musk menampilkan prototype robot nyata yang bernama "Optimus". Pada kesempatan yang sama ELon Musk mengatakan, "Tahun lalu kami menunjukkan orang berkostum yang memperagakan kemampuan robot kami. Namun kini kami akan menunjukkan sesuatu (robot betulan) yang tentunya bakal lebih mumpuni."

Baca Juga : Starlink, Satelit Elon Musk Resmi Beroperasi di Indonesia

Elon Musk juga turut memamerkan desain dan kemampuan robot tersebut di atas panggung. Dalam sesi demonstrasi, robot Optimus bisa berjalan dengan bebas di atas panggung tanpa disambung dengan kabel. Robot tersebut juga bisa menggerakkan semua jarinya dengan bebas, serta melambaikan tangannya kepada para tamu yang hadir.

Optimus bisa melakukan kegiatan sederhana sehari-hari manusia

Dalam sebuah video, Elon Musk juga memperlihatkan bahwa Optimus bisa melakukan beragam hal biasa yang sering menjadi kegiatan manusia sehari-hari, seperti menyiram tanaman, mengantarkan barang atau paket, membongkar atau mengeluarkan suatu barang dan sebagainya.

Sampai blog ini dirilis, belum ditemukan waktu yang pasti kapan robot Optimus bakal dirilis ke publik. "Yang jelas, dalam beberapa tahun ke depan, robot ini akan terus dikembangkan hingga nantinya bisa menjadi "teman" manusia dan melakukan berbagai hal dengan mulus," kata Elon Musk

Optimus diperkirakan akan dibanderol harga 20.000 dolar AS per unit.

Menurut perkiraan Elon Musk, ketika sudah sempurna, robot ini bakal diproduksi secara massal dan bakal dibanderol dengan harga puluhan ribu dolar AS. "Kami merancang Optimus supaya bisa diproduksi dalam jutaan unit. Prediksi saya, robot ini mungkin bakal dibanderol sekitar 20.000 dolar AS (sekitar Rp 305 juta)," tambahnya (Elon Musk).

Jika Anda penasaran bagaimana aksi robot Optimus di atas panggung Tesla AI Day 2022 yang lalu, Anda bisa melihatnya dalam video di tautan berikut ini.

Sumber : kompas/tekno

in News
Share this post
Tags
Archive